Makalah "Akuntansi Sektor Pendidikan - Dasar Dasar Akuntansi" - #MPI24

MAKALAH

 Di Susun Dalam Rangka Memenuhi Mata Kuliah

Dasar-Dasar Akuntansi

Akuntansi Untuk Sektor Pendidikan

 


Dosen Pengampu:

Fauza Rizki M.pd.

Disusun oleh 

Seilvia Kautsar

 

 

 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM 

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-WASHLIYAH

ACEH TENGAH 

2025

KATA PENGANTAR

 



 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Puji syukur saya panjatkan khadirat Allah SWT, yang telah memberikan saya karunia nikmat dan kesehatan, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Dasar-Dasar Akuntansi Manajemen yang berjudul “Akuntansi Untuk Sektor Pendidikan”. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan pada mata kuliah yang sedang di pelajari.

Dengan tersusunnya makalah ini saya menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan, demi kesempurnaan makalah ini saya sangat berharap perbaikan, kritik dan saran yang bebrsifat membangun.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi saya sendiri umumnya para pembaca makalah ini, maaf jika ada kesalahan, tidak ada yang sempurna begitu juga dngan pembuatan makalah ini.

Akhirul kata saya ucapkan “terima kasih”.

 

 

 

Takengon, 28 Maret 2025

 

                                                                                                                    Penulis




BAB 1 

PENDAHULUAN

Latar Belakang


Era pascareformasi melahirkan kembali semangat demokratitasi, akuntabilitas, dan transparansi dalam setiap aspek kehidupan manusia. Otonomi daerah telah membawa jiwa dan semangat tersebut dalam desentralisasi daerah. Dengan diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, secara otomatis masing-masing daerah diharapkan akan berlomba-lomba meningkatkan pendapatan daerahnya melalui berbagai usaha seperti menggali potensi daerah seoptimal mungkin serta menggunakan sumber daya seefesien mungkin. Namun, sejak diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, belum terlihat perubahan dan dampak yang signifikan bagi perkembangan serta peningkatan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat.

Desentralisasi dalam otonomi daerah berarti ada pelimpahan wewenang dari pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah untuk menangani beberapa sektor, seperti sistem birokrasi pemerintahan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, industri, dan sektor lainnya. Salah satu sektor yang perlu mendapat perhatian serius adalah sektor pendidikan, sektor pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam pengelolaandan pembinaan sumber daya manusia agar mampu mengolah sumber daya alam secara optimal untuk kemajuan daerah1.


Rumusan Masalah

1.      Apa itu Akuntansi Sektor Pendidikan

2.      Apasaja Peran dan Fungsi Akuntansi dalam Dunia Pendidikan

3.      Apa itu Siklus Akuntansi Pendidikan

 

Tujuan

1.      Mengetahui apa itu Akuntansi Sektor Pendidikan.

2.      Mengetahui Peran dan Fungsi Akuntansi dalam Dunia Pendidikan.

3.      Mengetahui Siklus Akuntansi Pendidikan.


1 Indra Bastian, Akuntansi Pendidikan, PT Glora Aksara Pratama, Yogyakarta. Hal, 52.



BAB II 

PEMBAHASAN


2.1         Akuntansi Sektor Pendidikan

Dilembaga pendidikan, akuntansi digunakan sebagai pedoman pengelolaan pendidikan yang berkaitan dengan keuangan pendidikan. Akuntansi adalah ilmu yang memberikan informasi untuk melaksanakan operasi secara efektif dan mengevaluasi kegiatan suatu organisasi (organisasi kelembagaan pendidikan). Informasi akuntansi dalam dunia pendidikan sangatlah penting karena dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan internal dan kedua belas lembaga pendidikan eksternal.

Dari sudut pandang operasionalnya, akuntansi dapat diartikan sebagai suatu proses mencatat, mengklasifikasikan, menyintesis, melaporkan, dan menganalisis data keuangan satu organisasi. Secara umum, akuntansi pendidikan digunakan untuk memastikan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan oleh lembaga dan organisasi pendidikan sesuai ketentuan undang-undang pendidikan nasional. Oleh karena itu, akuntansi pendidikan sangat diperlukan sebab, pelatihan akuntansi keuangan berpotensi memberikan wawasan informasi lengkap tentang segaa kegiatan serta aktivitas fasilitas atau organisasi pendiidkan2. Penjelasan ini diambil dari buku “Akuntansi Sektor Publik” karangan Dr. Etty Gurendrawati, Ddk,

Akuntansi pendidikan merupakan bidang ilmu akuntansi yang diterapkan dalam sektor pendidikan. Keuangan yang ada pada sektor pendidikan harus dikelola dan di catat dengan ilmu akuntansi pendidikan. Cakupan akuntansi pendidikan dari proses penerimaan, pengeluaran hingga pelaporan dan bentuk laporan keuangan3. Diambil dari buku “ teori konsep dasar akuntansi di berbagai sektor” karangan Dr. Ardian Radiansyah, Ddk.


2.2         Peran dan Fungsi Akuntansi Dalam Dunia Pendidikan

Akuntansi memiliki posisi penting dalam lingkungan pendidikan, baik pada tingkat sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi. Dalam konteks pendidikan, akuntansi tidak hanya diajarkan sebagai disiplin ilmu sendiri, tetapi juga berkontribusi dalam memperkarya pengalaman belajar, akuntansi juga memberikan informasi keuangan dalam menunjang


2 Dr. Etty Gurendrawati, Ddk. Akuntansi Sektor Publik, PT Bumi Aksara, (Jakarta Timur 2024). Hal 208.

3 Dr. Ardian Radiansyah, Ddk. Teori Konsep Dasar Akumtansi Di Berbagai Sektor, PT Sonpedia Publishing Indonesia, (Jambi, februari 2023). Hal, 165.


proses pengambilan kebijakan. Pran dan fungsi akuntansi dalam dunia pendidikan adalah menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, agar berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam entitas pendidikan4. Di ambil dari buku “Pendidikan Akuntansi Teori Komprehensif” karangan Muh Amrih.

Adapun peran dan fungsi akuntansi siklus pendidikan yang di ambil dari buku “Akuntansi Pendidikan”, karangan Indra Bastian. Ada beberapa yaitu sebagai berikut:

1)     Kepala Sekolah

Kepala sekolah menggunakan akuntansi untuk menyusun perencanaan sekolah yang dipimpinnya, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan dan melakukan tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan.


2)     Guru dan Karyawan

Guru dan karyawan mewakili kelompok yang tertarik pada informasi mengenai stabilitas dan profitabiitas di institusi pendidikan.


3)     Kreditor/ pemberi Pinjaman

Kreditor atau pemberi pinjaman tertari dengan informasi keuangan yang memungkinkan untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar saat jatuh tempo.


4)     Orang tua Siswa

Para orang tua siswa berkepentingan dengan infomasi mengenai kelangsungan hidup institusi pendidikan, terutama perjanjian janka panjang dan tingkat ketergantungan sekolah.


5)     Pemasok

Pemasok tertarik dengan informasi tentang kemungkinan jumlah yang terhutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.


6)     Pemerintah

Pemerintah dan beberapa lembaga yang berada di bawah kekuasaannya berkepentingan terhadap alokasi sumber daya dan karena itu , berkepentingan dengan aktivitas sekolah.


7)     Masyarakat

Institusi pendidikan mempengaruhi anggota masyarakat dengan berbagai cara. Laporan  keuangan  istitusi  pendidikan  dapat  membantu  masyarakat  dengan


4 Muh Amrih, Ddk, Pendidikan Akuntansi Teori Komprehensif, PT Sonpedia ublishing Indonesia, (Jambi 2024). Hlm 10.


menyediakan informasi tentang kecenderungan dan perkembangan terakhir pengelolaan keuangan institusi pendidikan serta rangkaian aktivitasnya5. Di ambil dari buku “Akuntansi Pendidikan”, karangan Indra Bastian.

 

2.3         Siklus Akuntansi Pendidikan

Siklus akuntansi adalah proses penyediaan laporan keuangan organisasi selama suatu priode tertentu. Siklus akuntansi dapat dibagi menjadi pekerjaan yang dilakukan selama priode berjalan, yaitu penjumlahan transaksi dan pemindahbukuan ke dalam buku besar, dan penyiapan laporan keuangan pada akhir priode. Pekerjaan yang dilakukan di akhir priode termasuk juga mempersiapkan akun untuk mencatat transaksi-transaksi pada priode selanjutnya.


1.            Alur Proses Siklus Akuntansi Pendidikan

Seperti telah di jelaskan di atas, siklus akuntansi merupakan serangkaian prosedur kegiatan akuntansi dalam suatu priode, mulai dari pencatatan transaksi pertama sampai dengan penyusunan laporan keuangan dan penutupan pembukaan secara keseluruhan serta persiapan untuk pencatatan transaksi priode selanjutnya.


2.            Tahapan Siklus Pendidikan

Siklus akuntansi dapat dikelompokkan dalam tiga tahap, yaitu:


a.          Tahap pencatatan

·      Kegiatan pengindetifikasian dan pengukuran bukti transaksi serta bukti pencatatan.

·           Kegiatan pencatatan bukti transaksi ke dalam buku harian atau jurnal.

·           Memindah bukukan (posting) dari jurnal berdasarkan kelompok atau jenisnya kedalam akun buku besar.


b.          Tahap pengikhtisaran

·            Penyusunan neraca saldo (trial balance) berdasarkan akun-akun buku besar.

·            Pembuatan ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries).

·            Penyusunan kertas kerja (work sheet) atau neraca lajur.

·            Pembuatan ayat jurnal penutup (closing entries).

·            Pembuatan neraca saldo setelah penutupan (post-closing trial balance).

·            Pembuatan ayat jurnal pembalik (reversing entries).


c.          Tahap Pelaporan

5 Indra bastian, Akuntansi Pendidikan, PT Glora Aksara Pratama, (Yogyakarta 2006). Hlm 56.


·            Laporan surplus defisit.

·            Laporan arus kas.

·            Neraca .

·            Catatan atas laporan keuangan6.


6 Indra bastian, Akuntansi Pendidikan, PT Glora Aksara Pratama, (Yogyakarta 2006). Hlm 57-58.



BAB III 

PENUTUP


3.1  Kesimpulan

Berdasarkan dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwasanya akuntansi siklus pendidikan itu sangat lah penting bagi sekolah menengah atas maupun yang lainnya Karena dapat membantu mengakuntabilitas pendidikan. Oleh karena itu, akuntansi pendidikan sangat diperlukan sebab, pelatihan akuntansi keuangan berpotensi memberikan wawasan informasi lengkap tentang segaa kegiatan serta aktivitas fasilitas atau organisasi pendidikan


3.2  Saran

Untuk menambah wawasan kita mengenai akuntansi baik siklus pendidikan maupun yang lainnya kita dapat mempelajari lebih dalam lagi, karena akuntansi sangat berpengaruh untuk kehidupan kita.



DAFTAR PUSTAKA

Amrih Muh, Ddk, Pendidikan Akuntansi Teori Komprehensif, PT Sonpedia ublishing Indonesia, (Jambi 2024).

bastian Indra, Akuntansi Pendidikan, PT Glora Aksara Pratama, (Yogyakarta 2006).

 

Gurendrawati. Etty Dr, Ddk. Akuntansi Sektor Publik, PT Bumi Aksara, (Jakarta Timur 2024).

Radiansyah Ardian Dr, Ddk. Teori Konsep Dasar Akumtansi Di Berbagai Sektor, PT Sonpedia Publishing Indonesia, (Jambi, februari 2023).

Post a Comment for "Makalah "Akuntansi Sektor Pendidikan - Dasar Dasar Akuntansi" - #MPI24"